thorin22’s blog

Blog tentang informasi umum termasuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat daun sirsak yang sangat luar biasa untuk manusia

Sirsak atau dengan nama ilmiah nnona muricata L alias merupakan tanaman herbal yang yang berasal dari kawasan Karibia, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Tanaman sirsak memiliki segudang manfaat mulai dari buahnya sampai daunnya. Bahkan akar tanaman sirsak ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat yang cukup mujarap.


penelitian pada tahun 1965 lalu, telah menemukan jika daun sirsak sangat berguna dalam melawan aneka penyakit kanker. Hal ini terjadi karena di dalam daun sirsak memiliki beberapa senyawa proaktif diantaranya seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, dan annohexocin. Dimana senyawa-senyawa tersebut cukup berkhasiat untuk mengobati penyakit kanker dibandingkan dengan kemoterapi.


Penelitian lebih lanjut tepatnya pada tahun 1976 juga dilakukan oleh National Cancer Institute dimana penelitian ini sempat mengejutkan dunia. Dalam penelitian tersebut mengungkap bahwa daun dan batang tanaman sirsak mampu selektif dalam membunuh sel kanker. Penelitian tersebut juga diperkuat dengan adanya uji klinis yang dilakukan di Korea selatan. Beberapa manfaat daun sirsak diantaranya:

  1. Meredakan demam: Demam merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi akibat tubuh mengalami masalah atau gangguan. Biasanya demam terjadi saat tubuh mengalami inflamasi atau gangguan lainnya sehingga otak akan memberikan sinyal ke tubuh untuk meningkatkan suhu tubuh. Anda bisa mengobati demam dengan memanfaatkan daun sirsak. Caranya rebuslah sekitar 5 helai daun sirsak segar dengan air secukupnya selama kurang lebih 10 menit kemudian minumlah air rebusannya tersebut dalam keadaan masih hangat.
  2. Mengurangi gejala arthritis: Daun sirsak secara alami mengandung senyawa yang berfungsi sebagai agen anti inflammatori atau peradangan yang dapat mengurangi gejala arthritis. Arthritis merupakan gangguan yang terjadi pada daerah persendian dimana masalah ini secara umum disebabkan oleh peradangan yang merupakan salah satu gejala penyakit autoimun. Minum air rebusan daun sirsak bisa membantu anda mengatasi masalah seperti arthiritis tersebut.
  3. Mengobati sakit pinggang: Sakit pinggang sangat mengganggu apalagi hal ini terjadi pada mereka yang memiliki aktivitas padat. Tetapi anda tidak perlu khawatair karena manfaat daun sirsak bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah kesehatan ini. Caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus 20 lembar daun sirsak ke dalam 5 gelas air, setelah itu rebus sampai mendidih hinggga tersisa kurang lebih 3 gelas dan minum secara rutin.
  4. Selain daun sirsak manfaat bawang merah juga patut diperhitungkan karena bawang merah mengandung berbagai macam senyawa menguntungkan untuk tubuh kita. Bahkan bawang merah diketahui cukup ampuh mengurangi kolesterol jahat. Belum lagi bawang merah juga mampu mengatai masalah urin. Jadi bawang merah bisa juga melengkapi manfaat dari daun sirsak

Manfaat jahe yang paling disukai oleh wanita hamil adalah kemampuannya dalam Mencegah morning sickness (mual saat hamil). Kondisi mual dan muntah ini sering dialami oleh beberapa wanita pada pada usia kehamilan muda. Selain mengganggu mual juga dapat membuat wanita hamil mudah lemas karena makanan yang mereka konsumsi akan keluar. Nah,,untuk membantu anda mengatasi masalah morning sickness ini anda bisa menggunakan jahe. Jahe bisa dimanfaatkan sebagai wedang atau mengolahnya menjadi berbagai macam makanan.