thorin22’s blog

Blog tentang informasi umum termasuk kesehatan dan kecantikan

4 Cara alami mengatasi gatal pada kulit

Cara alami mengatasi gatal pada kulit yang aman dan tidak menimbulkan efek samping. Pada umumnya, gatal pada kulit adalah hasil dari menumpuknya sel-sel kulit mati dan serangan bakteri di dalam pori-pori kulit. Hal ini dapat menyebabkan kemerahan dan bengkak pada kulit Anda. Pada kondisi yang lebih parah bahkan dapat memicu rasa sakit. Jika hal ini dibiarkan bergitu saja maka kulit bisa mengalami luka akibat garukan yang terus menerus anda lakukan.

 

f:id:thorin22:20170319184648j:plain


Biasanya para remaja yang berusia dua puluh tahunan akan lebih rentan mengalami masalah gatal pada kulit ini. Meskipun demikian bukan berarti orang tua atau lebih benar-benar terbebas dari masalah ini. Beberapa laporan juga menunjukkan jika laki-laki mengalami gatal pada kulit lebih sering dibandingkan perempuan.


Penyebab pasti gatal pada kulit ini masih belum diketahui; Namun demikian, perubahan hormonal diyakini menjadi penyebab utama. Oleh karenanya, kita dapat memahami bahwa wanita selama masa kehamilan atau menopause lebih mungkin mengalami gatal pada kulit dibandingkan kondisi biasa.


Selain itu, gatal juga memiliki dampak serius pada kehidupan kita sehari-hari dan tentuna tidak seorang pun yang ingin mengalaminya. Dengan demikian, pengobatan kulit gatal selalu harus dilakukan. Ada banyak produk di pasaran yang dipercaya dapat membantu mengatasi masala kulit yang satu ini akan tetapi efek saping yang ditimbulkan mungkin menjadi alasan bagi anda untuk tidak terlalau sering mengandalkannya. Untuk itu, anda perlu bahan alami yang aman sekaligus efektif untuk mengatasi masalah gatal pada kulit anda, seperti bahan berikut ini:


1. Tomat: Salah satu manfaat tomat untuk kulit adalah membantu menghilangkan rasa gatal sekaligus membuatnya cantik alami. Tomat mengandung sejumlah besar vitamin dan antioksidan penting, tomat adalah salah satu bahan alami yang paling mendukung untuk menyingkirkan kulit gatal. Anda mungkin sangat akrab dengan proses penerapan irisan tomat langsung pada kulit untuk menyingkirkan bekas jerawat atau bintik-bintik penuaan, kan? Hal yang sama dapat diterapkan dalam pengobatan kulit gatal atau jika cara favorit Anda adalah dengan menggunakan jus, lakukan saja. Tomat harus digunakan 2-3 kali setiap hari untuk mendapatkan hasil yang terbaik.


2. Buah lemon segar: Dikenal sebagai sumber alami zat antioksidan, lemon telah digunakan selama berabad-abad untuk membasmi kotoran, termasuk bakteri, dari kulit. Oleh karena itu, lemon bisa dianggap sebagai salah satu bahan terbaik untuk menyingkirkan kulit gatal. Hal ini juga baik untuk pertumbuhan kulit baru. Bagaimana lemon dapat mengatasi gatal pada kulit: Sebuah lemon diperas untuk mendapatkan jus segar. Menggabungkan dua bagian yang sama dari jus dan air untuk mengurangi keasaman kuat lemon. Dapatkan bola kapas dicelupkan ke dalam campuran dan diaplikasikan di atas kulit yang terkena gatal. Beberapa menit kemudian, cuci kulit dengan air.


3. Lidah buaya: Tidak jauh berbeda dengan tomat salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit anda adalah membantu mengatasi kulit gatal. Penggunaan lidah buaya juga tergolong mudah karena anda hanya perlu menggosokkan gel dari tanaman lidah buaya ini ke bagian kulit wajah yang gatal. Biarkan seperti itu hingga 10 menit, seteah itu baru bersihkan dengan air.


4. Yoghurt: Ada banyak sekali manfaat yoghurt untuk kulit anda seperti membantu mencerahkannya dan membuatnya tampak sehat alami. Selain diterapkan ke kulit wajah mengkonsumsi yoghurt setiap hari juga dapat menjaga melindungi kulit dari kotoran dan infeksi akibat bakteri. Oleh karena itu, Anda dapat melihatnya sebagai salah satu bahan terbaik mengatasi kulit gatal. Asam laktat dalam yoghurt diklaim menjadi super efektif untuk pengobatan kulit yang gatal.